Ingin Anak Tinggi? Ayo Makan Telur Dan Minum Susu

Telur dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang kaya nutrisi. Siapa sangka, studi terbaru mengungkap bayi usia enam bulan yang sudah mendapat asupan telur membantu mereka tumbuh tinggi dan mencegah stunting (tinggi di bawah rata-rata dan perkembangan otak lebih lambat).

Orang tua pun tidak perlu takut bayi jadi alergi dengan memberikan telur pada menu Makanan Pendamping ASI (MPASI). Dalam jurnal ilmiahnya sabung ayam, Pediatrics mengungkapkan anak yang mendapat telur di usia muda tidak meningkatkan risiko alergi.

Lalu, bagi Anda yang menginginkan anak Anda tinggi bisa memberikan susu sapi. Studi dari American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan anak usia dua sampai enam tahun yang minum satu gelas susu sapi setiap hari cenderung 1,5 cm lebih tinggi dibanding minum susu kedelai atau dari tumbuhan lain. Lalu, dibanding anak lain dengan usia yang sama, anak yang minum susu sapi lebih tinggi 0,2 cm.

Telur dan susu sapi merupakan sumber alami yang di dalamnya terdapat protein, lemak, vitamin, dan mineral, sehingga dapat membuat anak-anak yang mengkonsumsinya mendapat asupa nutrisi untuk tumbuh seperti diungkapkan profesor kesehatan masyarakat dari Washington University, Amerika Serikat, Lora Iannotti.

“Meski kita bukan anak ayam atau sapi, kita bisa mendapatkan manfaat nutrisi dari telur dan susu sapi,” kata Lora Iannotti seperti dikutip dari Time, Minggu 18 Juni 2017.

Dalam studinya, Lora Iannotti melibatkan bayi usia enam dan sembilan bulan mengkonsumsi telur ayam petarung selama enam bulan. Hasilnya sekitar 47 persen tidak mengalami stunting (pendek). Selain itu, 74 persen tidak mengalami bobot badan yang rendah.

“Telur merupakan sumber makanan yang membantu anak tumbuh dan bertambah berat badannya. Ini amat pas bagi anak yang berada di negara berkembang, karena harga telur lebih murah dari daging atau ikan. Selain itu, telur mudah disimpan,” kata Lora Iannotti lagi.

Namun, telur ayam laga tentu bukan satu-satunya makanan yang membantu anak tumbuh. Sayuran, buah, dan kacang-kacangan juga penting. Produk olahan susu juga penting bagi membantu meningkatkan anak jadi lebih tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s