Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dan Sariawan Saat Berpuasa

Bibir pecah-pecah dan sariawan merupakan salah satu keluhan yang dialami seseorang saat berpuasa. Nah, bagaimana cara mengatasinya?

Menanggapi hal ini, Dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK mengatakan keluhan bibir pecah-pecah dan sariawan saat berpuasa bisa terjadi karena pola makan yang salah. Misalnya seseorang terlalu mengurangi asupan makanan saat sahur maupun berbuka.

“Makan itu yang teratur buka ya buka sahur ya sahur. Jangan terlalu dikurangi juga karena bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan bisa timbul sariawan dan penyakit lain,” ucap dokter yang praktik di RS Pusat Pertamina ini.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan gorengan juga dikatakannya bisa menyebabkan munculnya keluhan tersebut. Pasalnya ketika mengkonsumsi gorengan seseorang cenderung tidak mengkonsumsi makanan lain karena kenyang sehingga tidak membuat seimbangnya gizi dalam tubuh.

Oleh karena itu utamanya untuk menghindari munculnya keluhan tersebut seseorang harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain itu bisa juga ditambahkan dengan konsumsi sayur, buah dan susu rendah lemak.

“Minumnya juga harus cukup delapan gelas perhari. Dari buka sampai tidur harus lima gelas. Lalu dari bangun sampai imsak tiga gelas,” sambung Dr. Titi.

“Pokoknya wajar-wajar aja konsumsinya. Kalau perlu lagi tambah minuman suplemen vitamin mineral dan vitamin C,” pungkas Dr. Titi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s