3 Penyebab Telapak Kaki Pecah-Pecah

Telapak kaki pecah-pecah dan kasar tentu tidak nyaman dipandang. Saat memakai alas kaki tanpa penutup, terkadang bisa membuat percaya diri si pemilik kaki jadi runtuh.

“Telapak kaki pecah-pecah hal biasa yang sering terjadi, dan ada beberapa alasan dibaliknya,” kata dokter podiatri, Rebecca Pruthi.

Sebenarnya telapak kaki yang nampak seperti pecah-pecah adalah hal alami yang terjadi karena kulit mengalami regenerasi tapi sel-sel mati belum mengelupas. “Secara alami, lapisan kulit akan berganti. Untuk membantu agar kulit mati lepas, saya sering menyarankan pasien untuk menggosok bagian telapak kaki dengan batu apung untuk membantu mengelupas sel kulit mati,” katanya.

Selain itu, berikut beberapa penyebab yang membuat telapak kaki pecah-pecah seperti yang dikutip dari Women’s Health, Rabu 31 Mei 2017.

  • Dehidarasi

Dampak dehidrasi banyak sekali, termasuk membuat tumit kaki pecah-pecah. “Jika Anda tidak terhidrasi dengan baik akan merusak kulit, termasuk kulit di telapak kaki,” kata Pruthi.

  • Infeksi Jamur

Infeksi jamur merupakan penyebab telapak kaki pecah-pecah paling sering. “Banyak kasus yang kulit di tumut kaki mengelupas tanpa disertai gatal, sehingga banyak pasien yang tidak menyangka itu adalah infeksi jamur,” kata Pruthi.

  • Sepatu Tidak Nyaman

Bila menggunakan sepatu tidak nyaman terutama di bagian telapak kaki bisa membuat gesekan yang merusak lapisan kulit. Hal ini bisa menyebabkan lapisan kulit di telapak kaki mengelupas seperti dikatakan Pruthi.

“Jangan memakai sepatu terlalu lama, jika mulai merasa sepatu tidak nyaman sebaiknya ganti,” katanya lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s