Kurangi Porsi Makanan Agar Perut Tidak Kaget Saat Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan tidak lama lagi. Sebagai salah satu persiapan agar perut tidak kaget saat menjalani ibadah puasa selama sebulan, sejak saat ini Anda bisa mengurangi porsi makanan Anda.

Prof Dr dr Murdani Abdullah, SpPD-KGEH, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan saat puasa, perut akan kosong selama kurang lebih 14 jam. Karena itu, tidak ada salahnya melakukan persiapan agar perut Anda tidak kaget pada waktunya.

“Saya kira itu bagus. Menjelang bulan Ramadhan kan ada yang melakukan Puasa Syakban. Dan walau ada perbedaan mazhab, tapi memasuki bulan Ramadhan dengan perisapan itu memang baik,” tutur Prof Murdani, ditemui setelah simposium Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di RS Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat.

Dijelaskan Prof Murdani, tubuh memiliki ritme dalam menjalankan fungsinya, termasuk dalam pengaturan sistem pencernaan. Bagi orang yang sebelumnya belum pernah puasa dan tiba-tiba harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam tentunya akan menimbulkan gangguan.

Gangguan pencernaan ini bisa bermacam-macam mulai dari diare atau mencret, konstipasi dan sembelit hingga nyeri di bagian perut. Tentu saja jika mengalami gangguan-gangguan ini, ibadah puasa yang Anda jalankan tidak akan berjalan secara maksimal.

Dengan mengurangi asupan makanan sejak sebelum puasa, maka ritme tubuh terutama sistem pencernaan akan mulai beradaptasi. Dari pengurangan yang sediki-sedikit, perut tidak akan kaget ketika nanti kosong selama bulan puasa.

“Maka dari itu ada baiknya memasuki bulan puasa dengan persiapan. dengan mulai mengurangi porsi makan supaya irama tubuh tidak terganggu dan perut tidak kaget ketika puasa,” tutupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s